Ternyata Ada Anak Bungo Tersangka Pengeroyok Santri Hingga Tewas

1096

JAMBIKINI.NET,PADANG PANJANG– Masih Ingat Roby, santri di Pondok Pesantren Nurul Iklas yang berlokasi di Jalan Raya Padang Panjang-Bukittinggi, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar yang tewas karna dikeroyok belasan teman santrinya di asrama Musa, Pondok Pesantren Nurul Iklas beberapa waktu lalu.

Hingga kini polisi masih terus menyelidiki kasus ini.
Meskipun telah menetapkan 17 ‘anak pelaku’ (sebutan tersangka untuk anak di bawah umur), namun polisi telah membebaskan ketujuh belas anak pelaku ini dengan alasan masih dalam proses belajar-mengajar.

“Anak pelaku diamankan di pondok pesantren, kita pertimbangkan pertama masa penahanan anak 7 hari, dapat diperpanjang hanya 8 hari. Sedang proses penyidikan membutuhkan waktu, (belum lagi) waktu Balai Pemasyarakatan dan psikolog,” ujar Kalbert Jonaidi Kasat Reskrim Polres Padang Panjang.

Kalbert mengaku tidak mau gegabah dalam menangani kasus pengeroyokan yang melibatkan anak di bawah umur. Sebab para ‘anak pelaku’ masih berusia 15 hingga 16 tahun. Sedangkan mereka juga membutuhkan tentang pendidikan yang harus terus didapatnya.

“Nanti salah tahan, kami disalahkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Jadi permohonan pihak keluarga dan pondok pesantren agar tidak ditahan maka dikembalikan ke pondok pesantren tapi tetap dalam pengawasan kami (polisi) 24 jam,” ujarnya.

Namun ada satu fakta terbaru diketahi, menurut Kasat, Dari 17 anak pelaku ini, juga terdapat santri asal Kabupaten Bungo.

“Ada anak Bungo, Jambi, Payakumbuh dan lainnya,”ungkap Kalbert.

Seperti diketahui Para pelaku ini mengeroyok Robby selama 3 hari di salah satu kamar lantai 2 gedung Asrama Musa, Pondok Pesantren Nurul Ikhlas.

Robby sempat mengalami sakit setelah dikeroyok pada Kamis (7/2), Jumat (8/2). Makanya pelaku menghentikan pengeroyokan pada Sabtu (9/2).

Namun, korban kembali dikeroyok pada Minggu malam (10/2), menyebabkan Robby tidak sadarkan diri hingga koma. Setelah koma 8 hari, akhirnya Robby meninggal dunia pada Senin (18/2).(*)

Facebook Comments