Pertama Di Indonesia, Lapas Dengan Sistem Deteksi Wajah

415

MUARABUNGO, JAMBIKINI.NET- Siang tadi keluarga besar lapas kelas IIB Muarabungo menerima kunjungan Tim dari Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi.

Kedatangan tim ini dalam rangka peresmian pondok asimilasi usaha keterampilan untuk para narapidana.

“Jadi selain kerajinan las, kerajinan tangan, otomotif, eletronik, kini kita meresmikan dua lagi asimilasi usaha keterampilan budi daya ikan lele dan usaha londry, jadi nanti warga binaan bisa belajar, sehingga nanti ketika mereka keluar dari lapas memiliki keterampilan, sehingga bisa berusaha layaknya masyarakat biasa,” ungkap Kalapas Bungo Rahnianto.

Katanya kagi, selain peresmian pondok asimilasi ini, Lapas Bungo juga memamerkan inovasi baru dalam sistem keamanan warga lapas.

Dihadapan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi Agus Nugroho Yusuf, lapas Bungo memamerkan alat deteksi wajah pertama yang dimiliki lapas di Indonesia yakninya lapas Bungo.

” Jadi warga yang mengunjungi lapas kita langsung diberi ID Card yang langsung dilengkapi sistem analisa wajah, jadi warga yang keluar dari lapas terdeteksi, sehingga meminimalisir kaburnya warga binaan kita,”ungkap Kalapas.

Dalam Sambutannya, Agus sangat mengapresiasi adanya inovasi terbaru terkait kemanan lapas ini oleh Hidayat Pegawai Lapas Bungo, Katanya, Inovasi ini telah di sampaikan ke pihak Kemenkumham RI dan mendapat penghargaan dan apresiasi tinggi oleh Kementrian Hukum dan Ham Republik Indonesia.

” Kini sistem ini tengah dipelajari oleh pihak Kementrian, Besar kemungkinan nanti kalau inovasi ini sukses kita terapkan di seluruh lapas di Jambi, mungkin lapas-lapas yang lain akan mengikut, dan akan kita produksi secara besar-besaran,” ungkap Agus.

Selaian Agus, tanpak juga mendampingi Persaoran Simaibang, Kepala divisi pelayanan hukum kantor wilayah Kemenkumham Jambi dan puluhan pegawai lapas kelas IIB Muarabungo.(jk)

Facebook Comments